Blog about business, business opportunities, tips and tricks in business

Si Hijau Sehat Dari Daerah

by Unknown , at 12:23 PM , has 0 comments





Si Hijau Sehat Dari Daerah   




 








 







Si hijau sehat dari daerah, sebut saja Cincau. Di Indonesia terdapat dua jenis cincau. Yang pertama adalah cincau hitam yang lazim dijual sebagaimana di Cina, Korea, pun negara-negara Asia Tenggara lainnya. Yang kedua adalah cincau hijau yang banyak diproduksi di Bandung, Jawa Barat. Di Bandung cincau hijau disebut juga camcau. Kini penjualan es camcau Bandung sudah menyebar ke mana-mana terlebih di Jawa.
Di negara-negara maju, seperti di Jepang atau Korea, cincau yang satu ini sudah diproduksi menjadi ekstrak bubuk siap pakai untuk membuat jeli cincau sendiri di rumah. Namun ada pula yang dikemas kalengan yang siap ditambahkan dalam minuman atau dessert segar.
Cincau (Hanzi: 仙草, pinyin: xiancao) adalah gel serupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.

Kata "cincau" sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau (Hanzi: 仙草, pinyin: xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini. Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar (misalnya dalam es cincau atau es campur). Dilaporkan juga cincau memiliki efek penyejuk serta peluruh.



·         Cara Pembuatan Cincau :


·         Hal pertama untuk membuat cincau hitam, anda perlu menyiapkan peratalan di bawah ini :
1.       Kompor/penghasil api lain misalnya tungku api.
2.       Pengaduk loyang.
3.       Alat penyaring
4.       Wadah atau tempat penyetakan 
·         Bahan-bahan
1.          Daun janggelan atau disebut juga daun cincau kering
2.          NaOH/Abu Qi, zat ini digunakan untuk membantu menggeluaran zat pati
3.          Telung tapioka secukupnya.
4.          Air bersih secukupnya
·         Langkah-langkah pembuatan
1.    Daun janggelan atau cincau kering dicuci terlebih dulu menggunakan air bersih. Ini dilakukan untuk memperoleh zat pati dari daun janggelan agar lebih optimal.
2.    Sebesar 1 kilogram daun janggelan atau cincau kering bersama zar NaOh direbus dalam 20 liter air  Terus masak sampai air berkurang setengahnya. Jangan lupa diaduk-aduk karena buih dari campuran ini bisa meluap dan tumpah saat mendidih.
3.   Ambil larutan zat pati cincau hitam kemudian saring menggunakan alat saring. Nah proses selanjutnya adalah pembentukan gel cincau hitam.
4.      Sesudah dingin, campur dengan larutan tepung tapioka. Jangan lupa sambil di aduk-aduk.
5. Kemudian rebus sampai mendidih dan mengental. Terus aduk-aduk jangan biarkan menggumpal.
6.      Setelah itu tiangkan ke dalam loyang atau cetakan, blek atau ember.
7.      Tunggu sampai dingin kira-kira 7-10 jam.
8.      Setelah dingin cincau hitam siap di nikmati.

Untuk menghasilkan gel cincau keras atau kenyal serta awet memang perlu mencoba sendiri dalam bereksperimen mencampurkan bahan-bahan yang ada. Namun konon menurut mereka yang telah berhasil membuat cincau hitam salah satunya adalah cincau kering atau janggelan yang disimpan dalam waktu yang lama menghasilkan pati yang lebih baik dan segar. Dan untuk hidangan yang paling enak pada saat tengah hari dan pakai tambahan sirup.
Selamat mencoba.. :D


Si Hijau Sehat Dari Daerah
About
Si Hijau Sehat Dari Daerah - written by Unknown , published at 12:23 PM, categorized as Cincau , Pembuatan Cincau , sejarah . And has 0 comments
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply

Clash of Clans

-->