Blog about business, business opportunities, tips and tricks in business

Cara Pembuatan Galendo Makanan Khas Ciamis

by Unknown , at 7:54 AM , has 1 comment

Ciamis adalah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat dengan kepadatan penduduk yang cukup padat dan kebanyakan Mayoritas penduduknya sebagian besar adalah Petani. Hasil dari Alam tersebut  banyak sekali yang dapat di olahnya. di Kota manis kita ini mempunyai banyak makanan  khasnya . Ada sale, pisang, seroja, dan lain-lainnya. Apakah ada yang tau makanan khas Ciamis kota manis kita apa?? Yup, Makanan yang bentuknya Hitam Manis itu menjadikan banyak dari  para wisatawan penasaran dan ingin mencobanya.
Untuk artikel  ini kita disini bakalan membahas tentang makanan yang sudah taka sing lagi dengan si  hitam manis dari kota manis. Apakah itu si HItam Manis dari Kota Manis tersebut??? Makanan khas Ciamis yang paling di cari oleh wisatawan atau orang luar yang datang ke Ciamis untuk oleh-oleh. Makanan ini terbuat dari ampas kelapa. Mungkin sedikit aneh tp, ini lah yang menjadi rasa penasaran kami untuk lebih jauh mengenal makanan khas Ciamis ini mulai dari sejarahnya sampai pembuatannya.
Sejarah makanan khas kota Ciamis Sejak dahulu, makanan ini sudah menjadi makanan khas kota Ciamis. Kemudian lahirlah sebuah nama unik warisan leluhur Tatar Galuh Ciamis,yaitu ‘GALENDO’. Itulah nama makanan berwarna coklat yang menjadi inceran para wisatawan. Namun, pada waktu itu pohon kelapa tumbuh subur di wilayah Kabupaten Ciamis dengan luas areal tanaman kelapa kurang lebih 70023 H. Maka tidaklah heran jika buah kelapa cukup banyak dan berserakan dimana-mana. Dengan kualitas yang cukup menjanjikan sebagai bahan baku utama pembuatan minyak goring kelapa. Kemarau yang sangat panjang disertai meletusnya Gunung Galunggung pada tahun 1982 mengakibatkan pada 1 tahun kemudian buah kelapa menjadi kecil-kecil dan tidak laku di pasaran. Dan yang pada akhirnya banyak perusahaan-perusahaan memanfaatkan buah kelapa tersebut dengan membuat Galendo.
 Selain galendo, yaitu minyak goreng (keletik). Jadi,disetiap pembuatan galendo,pasti menghasilkan minyak, dan disetiap pembuatan minyak pasti menghasilkan galendo. Dari batok kelapanya juga bisa jadi kayu bakar. Jadinya, bermanfaat semua deh dari buah kelapa tersebut.
(minyak yang diolah dari buah kelapa).
Selanjutnya, disini ada cara-cara pembuatan galendo diantaranya :
1. kelapa di kupas dan di cungkil dagingnya lalu d bersihkan.
2. Setelah daging kelapa bersih,kelapa lalu diparut dengan mesin.
3. Kelapa yang sudah diparut di ambil airnya (santan).
4. Air santan di masak mendidih sampai nantinya ada proses pemisahan air sehingga air sudah keluar habis,dan residu menggumpal dan jadilah galendo yang berbaur dengan minyak.
5. Serbuk galendo di angkat dan di simpan pada cetakan lalu di bungkus dengan anyaman bamboo.



6. Serbuk galendo dipadatkan dengan cara di press, selain untuk di padatkan juga untuk memisahkan galendo dengan minyak nya.
7. Setelah itu galendo yang sudah padat di potong-potong, dan di kemas.Begitu juga dengan minyak dari galendo tersebut di kemas pula.
8. Si Hitam Manis siap di Konsumsi.




        Biasanya orang-orang  terdahulu mencicipi galendo hanya dengan memakan nya langsung ternyata setelah lebih mengenal Galendo, makanan ini tidak hanya dimakan langsung tapi ada juga di campurkan atau di kombinasikan dengan bumbu sambel, bumbu rendang dan gudeg. Dan yang lebih menarik galendo menjadi bumbu pada sate kulit (colok gembrung). Galendo juga tidak hanya ada rasa Original saja tapi, ada yang rasa susu, coklat, wijen, kacang dan keju. Jadi bagi yang tidak suka galendo original, kita bisa cicipi galendo yang mempunyai rasa.(kemasan galendo untuk bumbu) itulah makanan yang dimaksud kan tadi, yang merupakan warisan dari leluhur kita, yaitu Galendo. Semoga makanan khas Ciamis ini tetap di kenal, dan selalu menjadi ciri khas dari Kota Ciamis Jawa Barat.


semoga bermanfaat bagi kita semua..
salam sukses untuk kita semua.. 


"JIWA MUDA ADALAH JIWANYA BERWIRAUSAHA"
Cara Pembuatan Galendo Makanan Khas Ciamis
About
Cara Pembuatan Galendo Makanan Khas Ciamis - written by Unknown , published at 7:54 AM, categorized as bisnis . And has 1 comment
Previous Newer Post
1  comment Add a comment
Galendo, Oleh-oleh Khas Ciamis Yang Makin Populer

http://www.wisataciamis.info/2015/12/galendo-oleh-oleh-ciamis-jawa-barat.html
Reply Delete
Bck
Cancel Reply

Clash of Clans

-->